Thursday, August 15, 2019

# Novel # Romance

#121 Novel: My Lovely Boss By Ainun Nufus

[Review/Resensi]
Judul: My Lovely Boss
Penulis: Ainun Nufus
Penerbit: Grasindo
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, 2018
Jumlah Halaman: 204 hlm
Genres: Novel, Romance, U17+
Bahasa: Indonesia
ISBN: 978-602-05-0429-2
Rated: 4.5 of 5

Hai guys,

Mungkin dari kalian ada yang tahu karya Kali Kedua, Cool Boy, Baby and Me, dan Jarvis Chavali. Yupz... karya-karya yang aku sebutkan tadi dari penulis Ainun Nufus. Beberapa karya penulis ada yang sudah naik cetak maupun self publishing. Kali ini aku akan mengupas salah satu karyanya yang berjudul My Lovely Boss.

Jenia bekerja sebagai sekertaris di sebuah mall terkemuka. Tapi dengan memiliki atasan yang super galak membuatnya kesal setengah mati daripada menjadi pengangguran dan sulitnya mendapatkan pekerjaan, Jenia mau tidak mau bersabar menghadapi perilaku atasannya yang berparas cakap bernama Zio.

Hanya kesalahannya lupa menaruh dokumen penting kerja sama yang bernilai triliunan, Zio meminta Jenia untuk mempertanggung jawabkannya atau melaporkannya kepihak berwajib. Dengan kebingungannya Jenia menawarkan dirinya untuk lembur bersama Zio di kantor, Jenia yang tersadar akan ucapannya ingin berdiskusi kembali dengan Zio tapi telah ditinggal pergi.

Untuk menghadiri acara reuni SMA di Bali, Jenia sudah mengajukan rencana cuti dari kantor dan akan mematikan ponselnya agar Zio tidak dapat menghubunginya selama cuti. Di sana Jenia malah bertemu dengan mantan pacarnya, Maron, yang telah meninggalkannya tanpa kabar. Maron meminta kesempatan untuk dapat menjalin hubungan kembali dengan Jenia. Saat sedang enak-enaknya berlibur, Jenia mendapatkan kembali Zio berada di depan kamar hotelnya dan mengajaknya untuk pulang.

Jenia tidak percaya dengan ucapan Zio yang ingin menikahinya karena sepengetahuannya atasannya tidak lah mencintainya. Jenia yang awalnya setuju hanya karena hutangnya akan diputihkan oleh Zio berubah pikiran karena teringat ucapan dari Maron yang bercerita tentang dari kalangannya hanya untuk mendobrak reputasinya.

Bagaiman hubungan Jenia dan Zio? Akankah melanjutkannya ke jenjang pernikahan atau membatalkannya karena ucapan dari Maron? Bagaimana Zio akan meyakinkan Jenia?

Tema yang di ambil oleh penulis mungkin sedikit mirip dengan novel seperti Resign! dan Dirt On My Boots. Dimana atasan (Boss) yang jatuh cinta sama bawahan/karyawanya dan Boss yang galak, tapi yang membedakannya dengan novel My Lovely Boss adalah tokoh protagonisnya yang bekerja sebagai sekertaris dan tidak memiliki kelompok gosip di satu ruangan kantornya.

Karakter Jenia yang meledak-ledak membuat novel ini terasa lebih lucu dengan menghadapi karakter Zio yang cool, tegas, seenaknya namun bisa romantis walau terkadang Jenia selalu meruntuhkan sisi keromantisan yang selalu di buat Zio. Di tambah Jenia memiliki hobi tidur di saat weekends. Mungkin kebanyakan wanita akan malu atau tidak mau dilihat wajah jelek kala bangun dari tidur tapi berbeda dengan sosok Jenia, dia terlihat cuek lalu marah-marah pada Zio karena telah mengganggunya dan baru menyadarinya belakangan bahwa dia bertemu dengan Zio dengan wajah bangun tidurnya. Walaupun terkadang gemas juga dengan Jenia yang masih pesimis dengan perasaan Zio padahal mereka berdua akan menikah.

Walaupun novel ini menggunakan sudut pandang orang ketiga (POV3) emosi dari karakter Jenia sangat terasa sekali dari kesal, frustasi, dan sedih. Hampir di setiap bab aku di buatnya tertawa karena melihat kekesalan Jenia kepada Zio. Penggunaan bahasanya menurutku sudah tepat karena sangat mudah dipahami dan bahasanya yang dipakai dapat ditemukan sehari-hari. Namun sayangnya, aku menemukan beberapa kesalahan pengetikan kata, hole di cerita ini yang mungkin terlewatkan oleh penulis dan alur ceritanya sedikit kecepatan.

Sampai di sini dulu ulasan tentang novel My Lovely Boss. Semoga ulasan yang aku buat membuat kalian menarik untuk kalian baca karya dari penulis Ainun Nufus atau bisa kalian masukkan ke dalam list yang nantinya akan kalian baca di kala waktu senggang. See you next chapter.

No comments:

Post a Comment

Follow Us @soratemplates