Tuesday, August 13, 2019

# Best Seller The New York Times # Fantasy

#120 Novel: Hush, Hush By Becca Fitzpatrick

[Review/Resensi]
Judul: Hush, Hush
Penulis: Becca Fitzpatrick
Penerjemah: Leinovar Bahfein
Penerbit: Fantasious (PT. Ufuk Publising House)
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, 2009
Jumlah Halaman: 488 hlm
Genres: Novel, Romance, Fantasy
Bahasa: Indonesia
ISBN: 978-602-7812-08-6
Rated: 5 of 5

Hai Everyone,

Becca Fitzpatrick merupakan seorang penulis berkebangsaan Amerika. Becca mulai menulis sebuah novel pada saat suaminya mendaftarkannya pada kelas menulis, di dalam kelas tersebutlah Becca menghasilkan novel yang akan aku ulas di bawah berjudul Hush, Hush. Kebanyak genre novel penulis anatara lain fantasy, young adult fiction dan romance. Hush, Hush merupakan novel yang best seller New York Times pada tahun 2009 dan sudah di terjemahkan ke berbagai macam bahasa.

Pada saat pelajaran Biologi, Vee dan Noura terpaksa harus terpisah tempat duduknya dikarenakan Pelatih menginginkan perubahan sehingga Noura berpasangan dengan Patch, pemuda pindahan nan misterius. Pelatih memberikan tugas untuk mencari tahu kehidupan sehari-hari dengan partner tempat duduknya. Noura yang terbiasa berpasangan dengan Vee mulai tidak nyaman harus mencari tahu tentang Patch.

Noura mencoba membujuk pelatih untuk bertukar tempat duduk kembali pada Vee malah tidak disetujui karena dia beranggapan dengan adanya Noura di samping Patch bisa mengubah nilai mata pelajaran Patch. Noura yang berusaha mencari tahu tentang Patch mendatanginya di Bo Arcade tempat biasa Patch bermain biliar dan nongkrong.

"All this time I've hated myself for it. I thought I'd given it up for nothing. But if I hadn't fallen, I wouldn't have met you."

Semenjak Vee bertukar tempat duduk dengan Patch, selalu ada kejadian yang menimpa Noura dari dia berasa ada yang mengintainya sampai di ganggu oleh seseorang yang bertopeng sampai-sampai semua kejadian yang dialaminya terlihat halusinasi baginya dan membuatnya takut. Tidak hanya itu saja, guru konselingnya yang baru juga memintanya untuk menjauhi Patch hanya beralasan Patch adalah murid yang tidak baik.

Noura yang pergi untuk menyelamatkan Vee malah mendapati kebenaran yang tidak disangkanya tentang orang yang baru saja dikenalinya. Patch yang menolongnya malah terbujur di atas lantai olah raga karena seluruh kekuatannya sudah dikurasnya saat memasuki raga Noura untuk menyelamatkannya dari tangan Chaucey. Dengan tersudutnya Noura berpikiran dengan suka rela mengorbankan dirinya untuk memenuhi keinginan Patch menjadi manusia.

Siapa Patch sebenarnya? Apa pengorbanan Noura berhasil untuk membuat Patch menjadi manusia?

Mungkin novel ini sedikit mirip dengan novel yang pernah aku bahas sebelemnya yang berjudul Fallen karya Lauran Kate. Yang dimana karakter pendampingnya seorang malaikat dan karakter protagonisnya seorang manusia, mungkin bisa ketebak sendiri tema cerita ini tentang kisah seorang manusia yang jatuh cinta pada malaikat dan perbedaan dua dunia.

Karakter Patch yang misterius dan karakter Noura yang pesimis dan overthingking membuatnya selalu menaruh curiga pada Patch. Kadang suka gemas sendiri pada Vee yang terus cerewet dan bespekulasi sendiri tanpa meminta pandangan dari Noura. Awal baca saat Patch menjabarkan tentang Noura, aku beranggapan Patch memilki kekuatan seperti Edward Cullen pada novel Twilight yang bisa membaca pikiran orang ternyata bukan. Setiap baca saat Noura di serang selalu membuat terbawa emosi ketakuran Noura.

"Keep in mind that people change, but the past doesn't."

Pengemasan plot cerita dan twist plot juga terlihat apik sekali, bagaimana penulis meletakkan plot tersebut di tempat-tempat yang sesuai. Sehingga di setiap bab dalam novel ini menjadi misterius dan penuh dengan teka teki yang membuatku semakin penasaran untuk mencari tahu siapa sebenarnya Patch dan apa yang terjadi sebenarnya pada Noura sampai terlihat seperti orang yang berhalusinasi. Sudut pandang pada novel ini menggunakan orang pertama (POV1) sehingga emosi ketakutan dan ketegangan pada Noura sangat terasa saat membaca tiap kalimat yang menjelaskan sangat mendetail.

Secara keseluruhan, novel ini sangat mengaduk-aduk perasaan dari ketakutan, lucu, menegangkan, dan sampai hal termanis antara Noura dan Patch. Penggunaan bahasanya juga yang mudah untuk dimengerti oleh pembaca. Hanya sayangnya aku masih menemukan kesalahan penulisan di novel ini.

Sampai di sini dulu ulasan tentang novel Hush, Hush karya Becca Fitzpatrick. Semoga kalian suka dengan ulasan yang aku buat dan tertarik sekali untuk kalian baca maupun memasukinya ke dalam list daftar yang nantinya kalian baca di kala senggang. Sampai ketemu kembali di next chapter.


No comments:

Post a Comment

Follow Us @soratemplates