Thursday, October 10, 2019

# Novel # Romance

#125 Miss Compigated Designer By Citra Novy

[Review/Resensi] Miss Compigated Designer By Citra Novy
Judul: Miss Compigated Designer
Penulis: Citra Novy
Penerbit: PT. Grasindo
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, 2017
Jumlah Halaman: 246 hlm
Genres: Novel, Romance
Bahasa: Indonesia
ISBN: 978-602-452-033-5
Rated: 4 of 5

Hai Everybody, how are you? I hope everyone keep healty.

Setelah membahas novel tentang malaikat terbuang, sekarang aku akan membahas salah satu karya penulis Citra Novy di mana dari nama, setting tempat, dan kehidupan berada di Korea Selatan. Mungkin yang bagi pecinta Korea Selatan tidak akan pusing dengan bahasa Korea Selatan yang berada di novel ini. Judul novel ini adalah Miss Compigated Designer.

Yoon-Hee adalah seorang designer baju pengantin dan memiliki butik sendiri. Tanpa adanya butiknya, sebenarnya dia bisa hidup berkecukupan karena ayahnya memiliki perusahaan dan menginginkan Yoon-Hee meneruskannya, tapi Yoon-Hee menolaknya. Sepeninggal ayahnya dia harus menanggung beban yang di tinggal, sebuah utang yang cukup banyak. Perusahaan, rumah, dan mobil sudah di jualnya untuk membayar pinjaman utang.

Karena kesalahan rekan kerjanya di butik, Yoon-Hee harus melakukan presentasi di perusahaan majalah terkenal dan juga merupakan kantor dari mantan pacarnya yang dia tinggalkan. Berharap tidak akan bertemu dengan mantannya malah menjadi petaka baginya, Yoon-Hee bertemu dengan Jung-Hoo di ruang meeting. Jung-Hoo sekarang bukan lagi seorang manajer tapi merupakan seorang CEO di kantornya.

Saat sedang di pusingkan dengan pertemuannya dengan Jung-Hoo di kantor majalah fashion, Yoon-Hee kedapan tamu di butiknya seorang wanita dan pemuda yang memberitahukan bahwa pemuda yang bersikap kurang ajar itu adalah anak dari ayahnya. Untuk memenuhi permintaan ayahnya untuk mencari Yoon-Hee dan tinggal bersamanya.

Yoon-Hee dilema menghadapi penagih utang yang mengincar butiknya untuk di sita. Berbagai negosiasi yang dilakukannya sia-sia, penagih utang tetap akan menyita butiknya jika sampai seminggu Yoon-Hee tidak membayarnya.

Apakah Yoon-Hee akan kembali lagi pada Jung-Hoo? Apa Yoon-Hee dapat melunasi utang mendiang ayahnya?

Aku merasa kasian sekali dengan kehidupan Yoon-Hee. Memiliki keluarga yang dingin, ibunya yang tidak pernah sarapan bersama dengannya, ayahnya yang baik tapi meninggalkan utang yang banyak sampai seorang anak laki-laki dari perselingkuhannya. Aku yakin sekali Yoon-Hee meninggalkan Jung-Hoo karena aib yang dimiliki keluarganya. Padahal keluarga Jung-Hoo sudah menerima Yoon-Hee masuk menjadi menantunya, terutama ibu Jung-Hoo. Jung-Hoo terlihat masih mencintai Yoon-Hee walau pernah ditinggal tapi tidak memendam sebuah dendam karena sakit hati. Dia terlihat seperti pria yang ingin melindungi wanitanya dari dunia yang kejam.

Plot cerita dalam novel ini terlihat sederhana, hampir sama dengan plot cerita yang ada di drama-drama Korea Selatan. Dimana sorang CEO mengejar cinta lamanya untuk kembali menjadi miliknya. Hanya sangat disayangkan konflik di cerita ini kurang memuaskan. Karena di cerita ini menunjukkan adanya cinta segitiga, tapi orang ketiga di cerita ini tidak menunjukkan perlawanan sama sekali dan tau-tau, dia mundur begitu saja. Emosi dari karakter protagonis lumayan tersalurkan dari kalimat demi kalimat. Penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga (POV3).

Penggunaan bahasa di novel ini percampuran dengan Indonesia dan Korea Selatan, tapi tenang saja sudah ada penjelasannya di footer. Hanya yang paling bingung adalah dalog yang digunakannya, mungkin untuk menyamakan kesan Korea Selatannya. Tidak hanya itu saja, ada kata yang sangat asing di telinga walaupun itu bahasa indonesia karena jarang terdengar di kehidupan sehari-hari sehingga harus membuka kamus besar bahasa indonesia untuk mengerti maksudnya.

Oke, teman-teman sampai di sini dahulu pembahasan tentang novel Miss Compigated Designer karya Citra Novy. See you in the next chapter. Byeee...

No comments:

Post a Comment

Follow Us @soratemplates