Thursday, June 27, 2019

# Amore # Romance

#116 Novel Amore: Cincin Separuh Hati By Netty Virgiantini

Buklet Kathana Review/Resensi: Cincin Separuh Hati
Judul: Cincin Separuh Hati
Penulis: Netty Virgiantini
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, 2015
Jumlah Halaman: 280 hlm; 20 cm
Genres: Novel, Romance
Bahasa: Indonesia
ISBN: 978-602-03-1932-2
Rated: 4.5 of 5

Kalian masih ingat dengan novel Jodoh Terakhir karya Kak Netty yang pernah aku bahas sebelumnya. Yupz... novel Cincin Separuh Hati merupakan salah satu karyanya. Kali ini aku akan membahas novel ini, pastinya tidak kalah seru dengan karya sebelumnya.

Karena tidak mau teman-teman reuni sekolahnya menanyakan statusnya sekarang, Nilam mendapatkan cincin separuh hati dari Kanti untuk di jadikan alasan kebohongannya yang sudah memiliki tunangan. Pertemuannya dengan salah satu teman sekolahnya membawa petaka untuknya karena suami dari temannya datang untuk meminta pertanggungan jawabnya yang telah menghancurkan pernikahannya.

Nilam kaget dengan kedatangan Aryobimo yang merupakan suami dari teman sekolahnya terus-terusan datang untuk meminta pertanggung jawaban. Nilam yang sudah berbicara berterus terang pada teman sekolahnya tidak di percaya sama sekali dan menuduhnya kembali. Mau tidak mau, Nilam yang sudah berjanji untuk kehidupannya harus menerima kedatangan Aryo ke tempat tinggalnya maupun di tempat kerjanya.

Masalah dengan Aryo yang belum selesai malah mendatangkan masalah baru dan membuka luka lama. Nando datang berkunjung ke tempat kerjanya dan tempat tinggalnya tapi sebelum memberitahu keperluannya untuk bertemu, Nilam mengusirnya karena tahu siapa Nando sebenarnya. Kebenciannya yang terjadi di masa lalu telah membuka luka yang sudah lama dia pendam.

“Kalau hidup tanpa berani berharap, itu sama saja putus asa!”

Aryo mengetahui orang tua Nilam berada di rumah sakit, sehingga memberikan dua penawaran pada Nilam antara bertemu dengan orang tuanya dan menjadi pengganti pendamping hidup. Nilam terasa berat dengan kedua penawaran dari Aryo, di satu sisi dia menyimpan kebencian dan di satu sisi dia teringan akan janji pada dirinya sendiri.

Apa yang akan terjadi pada Aryo dan Nilam? Apa yang terjadi di masa lalu Nilam? Keputusan apa yang akan di ambil Nilam?

Terkadang pertanyaan ‘kapan nikah?, Sudah menikah?, Mana pacarnya?’ itu seperti kiamat bagi para jomblo sepertiku ini di acara reuni tapi enggak sampai harus seperti Nilam yang berbohong tentang statusnya. Padahal kalau saja Nilam mau jujur atau tidak terbawa sampai pikiran mungkin petaka yang membawanya bertemu dengan Aryobimo tidak akan terjadi. Karakter Nilam yang keras kepala banget, judes, egois, dan galak malah membuat gemas sekali tiap kali Aryo datang bertemu dengannya.

“Nggak ada dua orang yang akan mengalami nasib sama persis di dunia ini.”

Plot cerita pada novel Cincin Separuh Hati sangat bagus sekali, tentang kehidupan seorang wanita yang menyimpan masa lalu yang buruk tentang pernikahan. Cerita ini sangat unik sekali, jarang sekali aku menemukannya. Apalagi penggunaan POV 1 sehingga emosi kebencian dan kesedihan dari karakter Nilam yang terasa sekali. Cerita ini di kemas sangat baik oleh penulis dengan beberapa twist yang akan membuat kaget dan berbagai macam konflik, sehingga tidak membosankan.

Kesalahan pengetikan selalu aku dapatkan selama membaca novel ini. Aku hanya menemukan sedikit sekali penggunaan bahasa Jawa di novel ini, padahal setting tempat di novel ini berada di Solo dan Karang Anyar yang di mana menggunakan bahasa Jawa. Coba ada beberapa percakapan yang menggunakan bahasa Jawa, selain untuk melestarikan bahasa Jawa dan juga memperkenalkan bahasa Jawa itu sendiri bagi yang tidak mengetahui.

Secara keseluruhan, novel Cincin Separuh Hati menyimpan beberapa pesan di dalamnya. Seperti kejujuran, Kehidupan, dan kebencian. Setiap kebencian tanpa mendengar alasan di balik perbuatan hanya mendatangkan penyesalan di belakangnya dan harus bisa memaafkan meskipun terlambat.


No comments:

Post a Comment

Follow Us @soratemplates