Tuesday, June 18, 2019

# Novel # Traveling

#112 Novel: Diary La Sorbonne By Kuala Kata

Buklet Kathana Resensi/Review: Diary La Sorbonne 
Judul: Diary La Sorbonne
Penulis: Kuala Kata (Okymustika Sari)
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, 2018
Jumlah Halaman: 228 hlm
Genres: Novel, Traveling
Bahasa: Indonesia
ISBN: 978-602-455-274-9
Rated: 4.5 of 5

Buku ini sedikit berbeda dengan novel-novel yang pernah aku baca. Tidak ada unsur romance, comedy, drama, dan lain-lain di novel kebanyakan tapi novel ini menceritakan tentang perjalanan penulis menempuh pendidikan sampai ke Ibu Kota Prancis yaitu Paris. Novel ini hampir seperti buku harian, bagaimana penulis mendapatkan beasiswa di Universitas Sorbonne.

Penulis memberitahukan informasi persyaratan untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri dan melalui lembaga apa, dia mendapatkan beasiswa tersebut. Tidak hanya itu saja penulis juga memberi tahu persiapan apa saja setelah mendapatkan beasiswa di Universitas Sorbonne. Dari tempat tinggal yang harus memiliki jaminan atau bisa di bilang orang/keluarga yang tinggal di Paris.

Penulis yang seorang muslim juga memberitahu bagaimana dia menunaikan ibadah di negeri yang mayoritas non-muslim dan tempat makan seperti kafe yang sering di kunjungi oleh penulis. Banyak sekali lokasi wisata yang dapat di kunjungi dengan pemandangan yang cantik. Selama menempuh pendidikan di paris, penulis memberitahu bagaimana warga Prancis yang individual.

Kebanyakan mahasiswa Universitas Sorbonne terkadang mampir ke perpustakaan untuk mempelajari ilmu yang mereka ambil. Seperti terlihat dari foto-foto yang di ambil oleh penulis di perpustakaan selalu ramai sekali dengan interior yang sangat cantik sekali. Bagaimana para dosen mengajar yang membuat penulis sedikit kesusahan.

Dengan penggunaan gaya bahasa yang sangat sederhana dan mengalir, memudahkan aku mengerti tentang isi novel ini. Berbagai macam foto dan ilustrasi ikut mengisi novel ini untuk memberitahu perjalanan penulis sebagai pelajar yang tinggal di Kota Paris. Gaya hidup masyarakat Prancis, mulai dari kebiasaan, makanan, hingga tempat-tempat cantik. Tidak hanya foto dan ilustrasi tapi juga ada quotes dari beberapa orang terkenal dari yang berbahasa Indonesia, Inggris maupun Prancis

Cover depan dan belakang novel yang terkesan cantik dan manis, dengan gambar ilustrasi bangunan Universitas Sorbonne. Aku membaca buku ini karena tertarik pada covel novel ini. Sayangnya, kekurangan pada novel ini adalah ada beberapa quotes dan kalimat bahasa Prancis yang tidak ada terjemahannya. Terutama pada Quotes-nya, setiap quotes yang berbahasa Prancis selalu aku lewati karena tidak mengerti.

Bagi yang ingin mencari beasiswa di negara Prancis atau di negara mana pun itu, novel ini sangat membantu sekali bagi kalian yang mau kuliah di luar negeri, khususnya Prancis. Melalui novel ini penulis membagikan pengalamannya untuk dapat kuliah di Prancis dengan perekonomian yang terbatas.


No comments:

Post a Comment

Follow Us @soratemplates