Tuesday, April 16, 2019

# Amore # Novel

#98 Novel Amore: I Love You Dearly By Ria N. Badaria

[Review/Resensi]
Judul: I Love You Dearly
Penulis: Ria N. Badaria
Penerbit: PT Gramedia Putsaka Utama
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, 2018
Jumlah Halaman: 304 hlm; 20 cm
Genres: Romance, Friendship
Bahasa: Indonesia
ISBN: 978-602-03-8155-8
Rated: 4 of 5

Dania seorang desainer baju dan memiliki bistro di Jakarta. Bistro yang di bangunnya di di bentuk bersama sahabatnya, Santi, yang memiliki insting bisnis yang tajam. Di saat tidak dapat inspirasi untuk membuat desain, Dania selalu melihat sebuah blog yang hanya berisikan foto-foto. Sampai dia menjadikan salah satu foto di blog untuk di jadikan desain kemeja.

Santi yang melihat hasil desain Dania yang di ambil dari salah satu foto di blog menginginkan kemeja itu di buat menjadi banyak tapi Dania tidak mau kemeja itu di perbanyak karena itu bukan hasil kreasinya. Karena ingin sekali berkomunikasi dengan pemilik blog dan meminta ijin untuk pemakaian foto di blog, Dania mengirim alamat email ke dalam kolom komen di blog.

“Cinta bukan soal kesempurnaan. Walaupun kau memiliki segalanya, bukan jaminan untuk mendapatkan cinta.”

Lee Seok Hyun tidak seperti kakaknya, Lee Jae Hyun, yang memiliki badan sehat. Semenjak kecil Seok Hyun memiliki kelainan pada jantungnya. Seluruh anggota keluarganya sangat menjaganya sampai dia merasakan kekosongan di dalam dirinya. Karena hasil bidikan dengan lensa kameranya, dia dipertemukan dengan Dania yang ingin meminta ijin untuk menggunakan salah satu fotonya.

Semenjak itu, Dania dan Seok Hyun selalu berkomunikasi melalui laptop. Dania yang tidak memberitahu kehidupan pribadinya yang sudah memiliki pacar pada Seok Hyun membuatnya memiliki harapan cinta pada Dania.

“Aku bahagia karenamu. Kehadiranmu dalam hidupku berhasil mengusir sepi dan kekosongan yang selama ini begitu erat menjeratku.”

Sampai kedatangan Seok Hyun ke Indonesia dan menyatakan perasaannya pada Dania membuatnya terpuruk kembali seperti semula. Kenyataannya yang di terima Seok Hyun membuat jantungnya semakin buruk. Jae Hyun yang marah terhadap Dania memberitahu kondisi Seok Hyun yang sebenarnya.

Apa yang terjadi pada Seok Hyun? Apa reaksi Dania?

Melalui novel ini, aku bisa melihat sebuah persahabatan dari dua orang asing dan berbeda negara. Dania dan Seok Hyun di pertemukan melalui dunia maya sampai mereka mengunjungi negara masing-masing. Tidak hanya itu saja, di novel ini juga menceritakan ketulusan cinta yang di berikan Seok Hyun dan Raka pada Dania. Walaupun menurutku Dania egois, dia menyembunyikan statusnya tanpa berpikir lebih jauh dampak yang diberikannya pada Seok Hyun.

“Jatuh cinta ternyata menyenangkan, juga merepotkan.”

Emosi yang terdapat di dalam novel ini terasa sekali, sedih dan kesal. Tapi yang paling mengena sekali pada saat bagian Seok Hyun. Meskipun setting alur ceritanya bergonta-ganti antara Dania dan Soek Hyun, itu tidak membingungkan karena penulis juga menggunakan point of view orang ketiga. Dari awal aku baca, konflik yang di ceritakan sulit untuk di tebak namun setelah di pertengahan baru bisa di tebak. Tapi sayang, pada puncak konflik kurang all out.

Walau cerita ini bagus, kekurangan dalam novel ini terdapat di kesalahan penulisan dan penggunaan kalimat yang kurang tepat. Akan lebih bagus lagi ada penambahan bahasa seperti bahasa Korea dan bahasa Inggris di dalamnya tentu dengan terjemahannya di bagian footer, jadi enggak full bahasa Indonesia.


No comments:

Post a Comment

Follow Us @soratemplates