Monday, December 31, 2018

# Anime # TV Series

#30 Anime: Hataraku Saibou

Welcome to Human Body
Judul: Hataraku Saibou
Alternative Title: Cells at Work!, はたらく細胞
Genres: Comedy, Shounen
Type: TV Series
Language: Japanese
Country: Japan
Adaption: Manga
Episode: 13
Age Group: BO-13
Rated: 5 of 5


Selamat datang di dalam tubuh manusia, terdapat banyak triliun sel yang bersebaran di seluruh tubuh manusia dengan peran yang berbeda-beda. Seperti halnya sel darah merah memiliki peranan salah satunya mengirimkan oksigen dan mengirimkan nutrisi pada seluruh tubuh. Sel darah putih dengan perannya yang salah satunya membasmi atau membunuh virus/kuman yang berada di dalam tubuh.

Setiap sel darah merah memiliki nomor pada topi yang dipakainya di kepala. Seperti sel darah merah AE3803, baru lulus dari sekolah dan pertama kali bekerja, memiliki sifat yang ceroboh, pelupa, dan tidak pantang menyerah. Di hari pertama kalinya bekerja saat mau mengirimkan paket oksigen selalu salah masuk ruang organ dan untungnya selalu di peringati oleh penjaga pintu organ.
Image Red and White cells help platelets to open the package
Saat sudah mendapatkan jalan yang benar untuk mengantar paket oksigen, sel darah merah AE3803 malah mendapatkan musibah harus bertemu dengan kuman Pneumokokus yang sudah menerobos masuk dan menyerang sel darah merah yang lain. Untungnya sebelum kuman Pneumokokus menyerang sel darah merah AE3803, dia diselamatkan oleh sel darah putih U-1146. Kemunculan sel darah putih sudah seperti pahlawan bagi sel darah merah, karena mereka akan memburu kuman/virus sampai musnah.

Karena Sel darah putih U-1146 tidak mau sel darah merah AE3803 menyasar atau salah masuk ke dalam organ. Sel darah putih menemani sel darah putih mengantar paket oksigen sampai tujuan. Dalam perjalanan, mereka bertemu dengan sekumpulan anak-anak Trombosit yang sedang membuka kotak kayu.
Little white cell trying to protect little red cell from bacteria

Hataraku Saibou sebuah animasi yang di adaptasi dari sebuah seri manga jepang oleh pengarang Akane Shimizu pada majalah Montly Shonen Sirius. Dengan tema antropomorfikasi sel-sel dalam tubuh manusia. Lalu seri manga ini di adaptasi ke dalam sebuah seri animasi oleh David Production yang di sutradarai oleh Kenichi Suzuki dengan naskah di tulis oleh Yuko Kakihara dan Kenichi Suzuki.

Gambar yang di tampilkan begitu sederhana, tapi jangan kaget penggambaran organ tubuh manusia di animasi ini berupa bangunan bertingkat, sungai yang dialiri oleh air, dan kawah lava gunung merapi untuk menggambarkan bentuk lambung. Warna yang di gunakan juga tidak terlalu banyak.
Image Dehydration Cells
Aku baru tahu ternyata sel darah putih di dalam tubuh sangat kejam terhadap bakteri yang masuk ke dalam tubuh, tidak hanya membunuh tapi mereka memburu bakteri di seluruh organ tubuh. Aku berasa lagi belajar biologi tentang tubuh manusia, animasi ini memberikan nama ilmiah tiap bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan bentuknya seperti apa. Tapi yang paling cute banget adalah Sel Kesshoban (Trombosit, keping darah, lempeng darah), mereka di gambarkan seperti anak-anak yang imut.

Animasi ini recommended loh, bagi yang mau ujian biologi dan menjadi dokter. Animasi ini bisa membantu kalian seperti apa sel-sel darah bekerja, apalagi di gambarkan seperti makhluk hidup.
Review/Resensi Hataraku Saibou
Soundtrack:
Opening:
Mission! Ken Kou Dai Ichi (ミッション!健・康・第・イチ) by Sekkekkyuu (Kana Hanazawa), Hakkekkyuu (Tomoaki Maeno), Killer T Saibou (Daisuke Ono), Macrophage (Kikuko Inoue)
Ending:
CheerS by ClariS


No comments:

Post a Comment

Follow Us @soratemplates