Wednesday, December 12, 2018

# Drama # TV Series

#17 TV Series: Tom Clancy's Jack Ryan Season 1

Image review Tom Clancy's Jack Ryan
Judul: Tom Clancy’s Jack Ryan
Genres: Action, Drama, Thriller
Type: TV Series
Language: English
Country: USA
Episode: 8
Age Group: D (25+)
Rated: 5 of 5

Film Jack Ryan merupakan nama tokoh utama yang di ambil dari karakter buatan pengarang novel Tom Clancy. Mungkin kalian pernah ingat dengan film berjudul “Jack Ryan: Shadow Recruit” yang di perankan oleh Crish Pine sebagai Jack Ryan. Kali ini Carlton Cuse dan Graham Roland membuat film Jack Ryan dalam versi series (seri) yang di adaptasi dari novel seri Tom Clacy’s Jack Ryan.

Jack Ryan (John Krasinski), seorang pegawai CIA analisis keuangan bagian terorisme. Dia mendapati sebuah aliran dana yang cukup besar di Yemen atas nama Suleiman (Ali Suliman). Ryan memberitahu kepala divisi teroris yang baru bernama James Greer (Wendell pierce), saat memberitahunya Greer untuk meminta untuk membekukan rekening Suleiman malah tidak di indahkan oleh Greer dan meminta Ryan untuk memantaunya kembali.
Image review TV Series: Tom Clancy's Jack Ryan
Ryan yang tidak mau kehilangan Suleiman, meminta bantuan teman kantornya untuk mengirimkan pengajuan untuk membekukan rekening Suleiman. Ternyata pembekuan rekening tersebut diketahui oleh agen yang berada di Yemen dan menghubungi Greer atas tindakan Ryan yang telah memblokir rekening tersebut. Selang beberapa hari, di adakan pemantauan bank tempat Suleiman menyimpan uangnya. Di sana terdapat manajer bank sedang berbicara dengan dua orang laki-laki timur tengah.

Ternyata salah satu laki-laki timur tengah tersebut ada yang bernama Suleiman. Suleiman yang di bebaskan oleh adiknya, Samir (Karim Zein), dari tahanan tentara Amerika. Semenjak itu Ryan terus mencari tahu identitas dan keberadaan Suleiman. Sampai suatu ketika istri Suleiman, Hanin (Dina Shihabi), beserta anak-anak Suleiman, Sara (Nadia Affolter) dan Rama (Arpy Ayvazian) lari dari Suleiman yang beranggapan bahwa suaminya telah berubah. Sayangnya anak laki-lakinya memilih tinggal dengan Suleiman.

Banyak yang beranggapan bahwa Suleiman adalah salah satu anggota ISIS tapi hal itu di sangkal oleh Ryan. Ryan mencari keberadaan Hanin beserta anak-anaknya di perbatasan Turki, saat itu salah satu suruhan Suleiman juga mengejar mereka untuk di bawa kembali pulang ke rumah Suleiman. Untungnya, kedatangan Ryan dan Greer tepat pada waktunya dan dapat membawa Hanin dan anak-anaknya ke tempat yang aman.
Image #17 review TV Series: Tom Clancy's Jack Ryan
Sebenarnya aku ragu untuk membahas ini karena terdapat unsur agama Islam di dalamnya. Tapi aku akan coba melihat dari sisi Suleiman dari orang baik dan sayang terhadap keluarga bisa berubah drastis menjadi seorang yang jahat. Kalau di bayangkan, tempat tinggal yang damai malah di jatuhi oleh bom yang menyisakan hanya seorang adik laki-lakinya, bagaimana rasanya tidak sedih. Suleiman yang pindah ke Paris melanjutkan hidupnya menjadi mahasiswa sampai lulus dan melamar pekerjaan tapi hanya di pandang sebelah mata, bagaimana tidak kecewanya. Dan masih ada lagi, cuman sayangnya di film ini tidak di bahas apa yang terjadi selama Suleiman di penjara karena melindungi adiknya.

Seperti unsur “Sebab-Akibat”dan pepatah “Kalau Ada Asap, Tentu Ada Api”. Karena perbedaan ras, warna kulit, agama, dll. itu bisa mengubah seseorang padahal Suleiman ini sama-sama manusia yang memiliki darah merah di dalam tubuhnya bukan alien ataupun makhluk jenis yang lain. Sayang banget kalau ada seseorang masih berpandangan seperti itu karena menurutku orang seperti itu tidak tahu bagaimana indahnya dunia.
Image review Tom Clancy's Jack Ryan | Buklet Kathana
Aku suka saat James Greer membela Islam saat salah satu polisi Prancis menghina Islam, dia hanya mengeluarkan tasbih pemberian dari mertuanya dan mengatakan “saat saya tidak sholat, saya selalu berdzikir.” Saat itu juga polisi Prancis langsung diam tidak banyak omong. Oh iya, Greer ini seorang muslim loh.

Aku terkaget di awal menonton film ini, di salah satu adegan ruang office di bagian tembok belakang terdapat pajangan foto Presiden Indonesia ke-5 bersama dengan Presiden USA ke-43 sedang berjalan.  Maksudnya apa ya?
Image review Tom Clancy's Jack Ryan Season 1
Untuk bagian action di sini lumayan bagus, pemeran tokohnya dapat mengimbangi saat menggunakan senjata maupun tangan kosong. Di film ini menggunakan 3 bahasa yaitu bahasa Arab, Inggris, dan Prancis. Film ini bertemakan tentang teroris sepanjang 1 season.

Peringatan! Film ini hanya boleh di tonton untuk orang dewasa dan bijaksana ya, karena ada beberapa adegan seperti perjudian, hubungan intim, pelecehan, dan kekerasan.


No comments:

Post a Comment

Follow Us @soratemplates