Thursday, February 21, 2019

# Novel # Romance

#64 Novel Fiction: Beside You By Ulianne

Resensi/Review
Judul: Beside You
Penulis: Ulianne
Penerbit: PT Grasindo
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, 2017
Jumlah Halaman: 196 hlm
Gender: Romance
Bahasa: Indonesia
ISBN: 978-602-375-960-6
Rated: 2.5 of 5

Riri dan Rere merupakan anak kembar yang di besarkan oleh ayah yang single parent. Rere yang bekerja di butik menarik perhatian mendiang Mamah Erick dan menginginkan Erick untuk menikah dengan Rere. Sayangnya permintaan itu tidak dapat dipenuhi oleh ayah si kembar karena Rere sedang hamil dari pacarnya.

Pernikahan yang sebentar lagi akan terlaksanakan membuat ayah si kembar mengambil keputusan untuk menukar yang akan menjadi calon istri Erick, yaitu Riri. Perdebatan antara Erick dan ayah membuat Riri yang sebagai pengganti tidak berani membuka suaranya dan menerima semua keputusan dari ayah.

Setelah menikah, Riri mendapatkan kejutan dari seorang anak kecil yang datang ke rumah mereka bahwa anak tersebut adalah anak Erick. Riri yang tidak harus marah, kecewa, dan sedih teringat bahwa pernikahan mereka hanya di atas kertas, tidak adanya cinta di dalamnya. Riri yang meminta penjelasan dari Erick malah mendapatkan ucapan dingin.

“Tenang saja, Ri, yakinlah bahwa semuanya akan baik-baik saja!”

Dengan perasaan campur aduk, Riri juga harus menimbangkan permintaan Erick untuk merawat anaknya yang bernama Andre. Tidak hanya kedatangan Andre ke rumah, Riri juga mendapatkan bahwa teman Erick yang bernama Arleta meminta dirinya untuk berpisah dari Erick.

Riri sekali lagi menanyakan masa lalu Erick yang membuatnya gundah gulana tapi Erick masih tidak mau menceritakan masa lalunya pada Riri. Sehingga Riri berpikir untuk mencari tahunya sendiri melalui Arleta. Pertemuannya dengan Arleta malah menjadi pukulan telak baginya, dari permintaan mendiang ibu Andre, Sarah, meminta Erick untuk menikahi Arleta, dari Arleta yang mencintai Erick dan memintanya untuk berpisah dari Erick.

“Tunggu aku, sayang. Jangan tinggalin aku. Aku butuh kamu, begitu juga anak kita.”

Aku hanya bisa memberikan satu kata ‘Kecewa’ sama cerita novel Beside You, malah aku lebih suka novel I’m Not Cinderella. Entah mungkin novel Beside You merupakan karya pertama atau bagaimana.

Kekurangan-kekurangan pada novel ini sangat banyak. Dari sudut pandang yang terlalu banyak di gunakan, membuatku bingung untuk mencerna walaupun di bab untuk di ceritakan akan ada informasi pemberitahuan sudut pandangnya. Di tambah lagi dengan alur maju mundurnya juga membuatku bingung, terkadang aku mendapatkan pengulangan cerita dari sudut pandang berbeda padahal di sudut satunya si tokoh sudah memberitahu apa yang terjadi.

Padahal di awal bab pertama dan bab selanjutnya sudah bagus tapi di tengah-tengah terjadilah kebingungan masal. Tidak hanya itu saja, di cerita ini juga terlalu banyak hole yang menjadi banyak pertanyaan sehingga pada klimaks terasa datar sekali.


No comments:

Post a Comment

Follow Us @soratemplates