Monday, February 4, 2019

# Anime # Comedy

#49 Anime: 3-Gatsu No Lion

Review
Judul: 3-Gatsu No. Lion
Alternative Title: March comes in like a lion, Sangatsu no Lion, 3月のライオン
Genres: Game, Slice of Life, Drama, Seinen, Comedy
Type: TV Series
Language: Japanese
Country: Japan
Adaption: Manga
Episode: 22
Age Group: BO-13
Rated: 5 of 5

Rei Kiriyama (Kengo Kawanishi), seorang pemain profesional shogi, kedua orang tua Kiriyama sudah lama meninggal semenjak kecil dan di asuh oleh teman ayahnya bernama Masachika Kouda (Tooru Ookawa) yang merupakan rival pada permainan shogi. Selama tinggal di rumah Kouda, Kiriyama bermain shogi dengan anak-anak Kouda yaitu Kyouko Kouda (Marina Inoue) dan Ayumu Kouda.

Kekalahan kedua anak Kouda membuat membenci Kiriyama. Semenjak itu, Kiriyama memutuskan menunda masuk sekolah tinggi untuk menjadi pemain profesional dan keluar dari kediaman Kouda. Selang setahun, Kiriyama sudah menjadi pemain profesional shogi dan pindah ke apartemennya, selain itu Kiriyama juga melanjutkan sekolah tingginya.

“If he isn’t someone who can convince himself and make progress on his own, it’s pointless.” – Masachika Kouda

Saat Kiriyama terluka di tengah jalan, Kawamoto Akari (Ai Kayano) membawa Kiriyama ke rumahnya untuk membersihkan lukanya. Kiriyama juga bertemu dengan kedua saudara perempuan Akari yang bernama Hinata Kawamoto (Kana Hanazawa), Kawamoto Momo (Misaki Kuno) dan beberapa kucing peliharaan Akari. Semenjak hari itu, Akari selalu mengajak Kiriyama untuk datang ke rumahnya untuk makan bersama.
Resensi
Musim pertandingan shogi dimulai, Kiriyama berjuang mengalahkan lawan-lawannya seperti Harunobu Nikaidou (Okamoto Nobuhiko, Yuuko Sanpei) yang sudah menganggap Kiriyama sebagai rival semenjak pertemuan mereka pertama kali. Kiriyama yang tidak pintar dalam bersosialisasi sangat terbantu dengan adanya Nikaidou yang cerewet, Tatsuyuki Misumi (Tomokazu Sugita), Matsumoto Issa (Subaru Kimura), dan direktur shogi/master shogi Takanori Jinguuji (Tessyo Genda) mereka semua sangat baik pada Kiriyama.

Tidak seperti pemain yang lain setiap kalah dari Kiriyama, mereka pasti membencinya dan itu membuat Kiriyama selalu sendiri. Di sekolah pun begitu Kiriyama tidak memiliki teman selain gurunya, Takashi Hayashida (Takashiro Sakurai), gurunya selalu menemani pada saat jam istirahat dan membantu mencari solusi untuk masalahnya dalam pendidikannya.

“When you got a problem you can’t fix yourself, like today, there’s a good chance that if you work together with someone else, you can overcome it. If someone helps you like that, and the next time they’re having trouble, then you should help them. That’s how the world works. You know... that’s pretty important. Listen... if things seem hopeless when you’re alone, then rely on someone. Otherwise, to be honest, No. one will rely on you.” – Takashi Hayashida

3-Gatsu no Lion animasi yang di adaptasi dari manga karangan Chica Umino dengan judul yang sama. Manganya di keluarkan oleh Hakusensha di sebuah majalah Young Animalsebanyak 14 volume. Pada animasinya sendiri di buat di studio Shaft dan di siarkan melalui setasiun NHK. Di sutradarai oleh Kenjiro Okada dan Akiyuki Shinobu, naskah yang di tulis oleh Yukito Kizawa, dan musik dari Yukari Hashimoto. Membuat animasi ini sangat bagus.
Entah mau bilang kasihan sama kehidupan Kiriyama tapi... huff... dia terlalu muda untuk menjadi dewasa, seperti belum waktunya. Pada saat middle school saja Kiriyama sudah memikirkan harus hidup sendiri tanpa harus membebani orang lain. Tapi aku senang dia bertemu dengan orang-orang yang memang sangat peduli dengan dia seperti Kawamoto bersaudara, mereka tidak hanya mengajak Kiriyama untuk datang ke rumah untuk makan saja, tapi mereka memikirkan kehidupan Kiriyama. Mereka keluarga yang tulus.

“Results are important, but it’s results that reach people, Kiriyama. The world doesn’t revolve around results.” – Takashi Hayashida

Untuk gambar animasinya sendiri aku menilai sangat sederhana tidak terlalu jelek, tapi aku enggak suka bagian matanya, terlihat kosong seperti tidak hidup. Ini animasi pertama kali aku melihat gambar seperti itu, untungnya ke bantu dengan cerita yang bagus. Gambar pemandangannya juga biasa-biasa saja tidak ada yang istimewa sama sekali.

Ternyata 3-Gatsu no Lion ada season 2 jumlah episodenya juga sama seperti season1 sebanyak 22 episode. Pada season ini, lebih kebanyakan tentang Hinata yang mengalami penindasan di sekolahnya dan pertandingan antara Kiriyama dan Touji Souya pemegang gelar Meijin.

“Becoming a professional isn’t the goal. The path after becoming that will make your hade spin the further you go, the steeper it becomes, and there won’t be anyone around you. Only someone who can maintaining himself will continue to make progress.” - Masachika Kouda 

Oh iya, yang bagi yang tidak tahu apa itu shogi. Shogi adalah catur jepang, sedikit berbeda dengan catur yang biasa di kenal banyak. Perbedaannya dengan catur adalah sistem memainkan kembali pion lawan yang sudah di tangkap, jumlah pion dari shogi sebanyak 20 buah sedangkan pion catur sebanyak 16 buah, dan masih banyak lagi perbedaannya.

Animasi ini recommended loh buat kalian tonton di hari libur atau masuk ke dalam list tontonan film selanjutnya. Karena banyak sekali nilai-nilai kehidupan di animasi ini.

Soundtrack:
Season 1:
Opening: Answer (アンサー) by BUMP OF CHICKEN, 
Sayonara Bystander (さよならバイスタンダー) by YUKI
Ending: Fighter (ファイター) by BUMP OF CHICKEN, 
Nyaa Shougi Ondo (ニャー将棋音頭) by Hinata (Kana Hanazawa), Akari (Ai Kayano), Momo (Misaki Kuno)
orion by Kenshi Yonezu (米津玄師)

Season 2:
Opening: Flag wo Tatero (フラッグを立てろ) by YUKI,
Haru ga Kite Bokura (春が来てぼくら) by UNISON SQUARE GARDE
Ending: Kafune (カフネ) by Brian the Sun,
I AM STANDING by RUANN


No comments:

Post a Comment

Follow Us @soratemplates