Thursday, February 14, 2019

# Le Marriage # Novel

#58 Novel Le Marriage: Wedding With Converse By Inggrid Sonya Dev

Review/Resensi
Judul: Wedding With Converse
Penulis: Inggrid Sonya Dev
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Tahun Terbit: Cetakan Pertama, 2017
Jumlah Halaman: 437 hlm
Genres: Romance, Sad, Comedy
Bahasa: Indonesia
ISBN: 978-602-04-0095-2
Rated: 5 of 5

Raskal dan Joana sudah berteman sejak kecil jadi mereka mengetahui keburukan dari masing-masing. Walaupun awal pertemuan, Raskal menolak kehadiran Joana yang berada di sekitarnya tapi dengan kegigihan Joana untuk mendekati Raskal, akhirnya Raskal menerima kehadiran Joana di dalam hidupnya.

Setelah menginjak remaja Raskal mulai berubah setelah berteman dengan Gavin dan Reza. Dari yang bergabung dengan geng yang disegani di sekolah, ikut tauran, dan yang paling parah menggunakan barang-barang haram. Joana yang tidak suka akan perubahan Raskal tidak tahu harus berbuat apa, dia malah membuat jarak terhadap sahabatnya sendiri. Sampai suatu kejadian mengubah kehidupan Raskal dan Joana.

“Seenggaknya dia sekaku ada buat gue. Lo masih punya orangtua dan kakak lo buat dijadiin pegangan. Terus lo punya Shinta dan Naomi. Kalau gue? Siapa lagi yang gue punya sekarang selain mereka berdua? Siapa lagi yang mau nerima bajingan ini?”

Joana mulai membenci Raskal karena perbuatannya yang sudah menghancurkan masa remaja, masa depan, dan cita-citanya yang belum dia raih. Raskal dengan setumpuk permasalahannya mengambil sikap untuk bertanggung jawab apa yang diperbuatnya dengan menikahi Joana walaupun Joana sekarang membencinya.

Selama menjalani pernikahan dengan Joana, Raskal mulai melakukan perubahan yang sangat signifikan, dari mulai bekerja untuk memenuhi keperluan Joana dan giat belajar untuk menghadapi ujian sekolah. Sedangkan Joana diharuskan untuk vakum dari sekolahnya. Joana yang membenci Raskal mulai berubah setelah melihat kamar penyimpanan yang dipenuhi dengan barang-barang miliknya semenjak kecil.

“Kebahagiaan terbesar kedua setelah pertemuan kita adalah aku yang bisa memilikimu sampai waktu yang tidak bisa dihitung lamanya. Sampai kita tiada dan bertemu di kehidupan selanjutnya.”

Novel ini super bagus banget bisa bikin terbawa emosi sedihnya Raskal. Awal melihat novel ini di aplikasi Ipusnas, kesannya kurang sreg untuk baca tapi setelah dibaca dari bab ke bab ternyata bagus banget. Penulisnya bisa banget mengemas problematik yang biasa ada di kalangan anak-anak muda sekarang untuk menjadi orang-orang yang bertanggung jawab apa yang telah diperbuat dari tindakannya dan tidak pernah putus asa untuk meraih cita-cita.

Karakter Raskal yang kuat menjalani hidupnya dengan tegar tapi sebenarnya dia adalah pemuda yang rapuh dan perlu banget bimbingan orang tua. Penulis juga memperlihatkan sebenarnya anak-anak badung melakukan hal-hal nakal hanya untuk menarik perhatian orang tua untuk memperhatikan mereka, seperti Gavin yang menggunakan obat-obat terlarang, Reza dan Raskal. Sebenarnya mereka semua anak-anak yang baik hanya keadaan keluarga yang membuat mereka seperti itu.

Dengan alur maju mundur dan bahasa yang biasa digunakan sehari-hari, memudahkan aku untuk mengerti pesan yang diberikan oleh penulis. Sudut yang digunakan oleh penulis juga dari sudut pandang orang ketiga.

Novel ini sangat recommended banget untuk dibaca atau dimasukkan ke dalam list untuk kalian baca. Banyak sekali hikmah yang didapat dalam cerita ini.


No comments:

Post a Comment

Follow Us @soratemplates